Keseruan Dengan Membaca Puisi Ibu Bahasa Jawa

Saat sedang merayakan hari ibu salah satu perlombaan yang dapat dilakukan adalah pembacaan puisi ibu bahasa jawa.  Bagi sebagian orang bahasa jawa telah menjadi bahasa sehari – hari yang digunakan oleh semua orang. Bahasa jawa merupakan bahasa daerah yang mana masyarakat dari provinsi jawa tengah dan jawa timur menggunakan bahasa tersebut sebagai alat komunikasi sehari – hari. Karena sifatnya yang tidak universal menggunakan bahasa jawa sebagai salah satu tantangan lomba tentu akan menjadi sangat seru. Dengan juri – juri yang berasal dari jawa tengah atau jawa timur dan para peserta yang  merupakan asli masyarakat jawa barat tentu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Para peserta yang tidak terbiasa melafalkan kosa kata jawa akan menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi orang – orang yang melihatnya. Dalam rangka peringatan hari ibu, banyak kalangan yang dapat menggunakan ide ini. ide yang sangat unik dan menarik sehingga banyak orang yang akan terhibur dengan pembacaan puisi ibu yang menggunakan bahasa jawa. Dengan cara seperti itu maka persatuan dan kesatuan antar suku , bahasa dan budaya tentu akan terjalin semakin erat. Mempelajari atau turut serta menggunakan bahasa daerah termasuk dalam salah satu cara untuk melestarikan keragaman budaya dan bahasa yang dimiliki. Dengan berbagai momen yang tepat membuat banyak orang akan mengenal bahasa jawa tersebut.

Momen hari ibu termasuk dalam momen yang sangat tepat. Walau tidak menggunakan bahasa jawa akan tetapi perlombaan untuk membacakan puisi bertema ibu merupakan salah satu hal yang paling sering dilakukan. Selain untuk mengingat jasa – jasa ibu yang telah melahirkan dan membesarkan. Puisi tersebut juga dapat berisi kenangan –kenangan yang mengharukan atupun kenangan yang cukup menggelitik. Dengan berbagai sub tema kenangan – kenangan yang dimunculkan akan memberikan sebuah kesan tersendiri bagi para pendengar. Walau ditujukan secara umum untuk seluruh ibu – ibu yang hadir pada peringatan hari ibu tersebut akan tetapi sebuah puisi yang berhasil dapat menyentuh hati banyak ibu walau mereka bukan lah yang diceritakan dalam puisi tersebut.